Tuesday, May 12, 2015

Daftar SMA Terbaik Se-Indonesia (Versi Kemendiknas)

Memilih sekolah terbaik memang sangat diperlukan bagi para orang tua dan juga siswa.  Harapan para orang tua dengan memberikan fasilitas pendidikan di SMP yang baik adalah agar putra-putri mereka memiliki aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang mumpumi.  Bahkan terkadang orang tua tidak begitu peduli dengan masalah anggaran pendidikan yang mahal.  Mereka tetap saja berusaha sekuat tenaga agar anak-anak mereka dapat memasuki sekolah-sekolah favorit.  Sehingga tak heran kalau dari tahun ke tahun selalu saja beberapa sekolah unggulan tetap diburu oleh orang tua dan jumlah calon pesertanya pun membludak.

Pingin tau yo!.  Beberapa sekolah dibawah ini merupakan sekolah terfavorit versi Kemendiknas 2014. Meskipun data ini sudah lewat 1 (satu) tahun yang lalu, akan tetapi daftar ini bermanfaat minimalnya buat pertimbangan kita dalam memilih sekolah terbaik.


1. SMA NEGERI 3 BANDUNG (Jawa Barat)


Sekolah ini disebut juga SMA Belitung.  Hal ini dikarenakan lokasi sekolah ini terletak di Jl.Belitung No.8 Bandung.  Sekolah ini juga terkenal karena sebagian besar siswanya sukses menduduki posisi bangku kuliah di ITB (Institute Teknologi Bandung).  Dikarenakan seringnya siswa sekolah ini diterima di ITB, bahkan sampai ada "joke" bahwa anak SMA Negeri 3 Bandung cuma "pindah kelas" saja di ITB.

Berdiri sejak tahun 1953 SMA Negeri 3 Bandung dikenal dengan sebutan SMA Belitung karena berlokasi di jalan Belitung No. 8 Bandung. Sekolah ini merupakan SMA Negeri unggulan pertama di Bandung, kemudian SMA Negeri 5 Bandung dan SMA Negeri 8 Bandung menempati urutan 2 dan 3. Lulusan dari sekolah ini banyak yang berhasil melanjutkan ke perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

SMA Negeri (SMAN) 3 Bandung, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 3 Bandung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran (untuk kelas reguler) atau dua tahun pelajaran (untuk kelas akselerasi), mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Didirikan pada tahun 1953, di mana sebelumnya bernama SMA B (1952), dan sebelumnya lagi bernama SMA 1 B/C (1950).

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK. Pada tahun 2013, sekolah ini mencoba Kurikulum 2013 untuk siswa kelas X (untuk kelas X program Akselerasi tetap menggunakan kurikulum lama).

2. SMA Taruna Nusantara (Jawa Tengah)


SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah Sekolah Menengah Atas berasrama yang terletak di Kabupaten MagelangJawa TengahIndonesia. Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, di samping berbagai prestasi akademik dan kepemimpinan.
SMA Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai "pemuda dari seluruh pelosok pulau" (taruna = pemuda, nusa = pulau). KataTaruna sendiri biasa dipakai untuk menyebut siswa AKABRI. SMA Taruna Nusantara menjaring siswa berprestasi lulusan SMPatau sederajat dari berbagai golongan strata ekonomi dan sosial.




  1. SMAN 1 Denpasar (Bali)
  2. SMAN 4 Kendari (Sulawesi Tenggara)
  3. SMA Plus Riau (Riau)


Tags: ,

0 Responses to “Daftar SMA Terbaik Se-Indonesia (Versi Kemendiknas)”

Post a Comment

Subscribe

Kami menerima kritik dan saran yang membangun guna perbaikan pada blog kami ini. Memang ini jauh dari sempurna, akan tetapi mencoba berbuat itu lebih baik dari pada tidak sama sekali

© 2013 Piwanoke. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks