Tuesday, February 17, 2015

Lima (5) Jenis Species Baru ditemukan di Antartika - by Hikam


Spesies atau jenis adalah suatu takson yang dipakai dalam taksonomi untuk menunjuk pada satu atau beberapa kelompok individu (populasi) yang serupa dan dapat saling membuahi satu sama lain di dalam kelompoknya (saling membagi gen) namun tidak dapat dengan anggota kelompok yang lain. 

Anggota-anggota dalam suatu spesies jika saling berkawin dapat menghasilkan keturunan yang fertil tanpa hambatan reproduktif. Dapat terjadi, sejumlah kelompok dalam suatu spesies tidak saling berkawin karena hambatan geografis namun bila dipertemukan dan dikawinkan dapat menghasilkan keturunan fertil. Dua spesies yang berbeda jika saling berkawin akan menghadapi masalah hambatan biologis; apabila menghasilkan keturunan yang sehat, keturunan ini biasanya steril/mandul.

#1. Anemon


Para peneliti membuat sebuah penemuan luar biasa selama musim dingin di 2014 di Antartika yang merubah pandangan mereka tentang bagaimana makhluk hidup dapat bertahan menghadapi iklim dingin yang extrim. Spesies baru yang sepenuhnya anemon laut ini hidup di dalam es dan rupanya sangat suka terhadap cuaca dingin melebihi lainnya.


#2 Ichthyophis cardamomensis

Penemuan baru berkaki amphibi dan menyerupain cacing tanah besar atau ular telah ditemukan di pedalaman tetapi berbahaya di daerah hutan hujan Kamboja hari awal tahun ini, Meskipun penelitian telah dimulai secara resmi di 2014. Makhluk coklat abu abu ini sering keliru dengan ular tetapi para ilmuwan menjamin bahwa itu tidak lebih dari sebuah  cacing tanah.


#3 Dearcmhara shawcrossi




Sebuah spesies baru dari marine reptil dari jurassic era telah diidentifikasi dari fosil-fosil yang ditemukan baru-baru ini di Isle of Skye, Skotlandia. Berdasarkan  ahli paleontologi, makhluk seperti lumba-lumba ini mempunyyai panjang 14 kaki dari moncong hingga ekor dan hidup di tempat hangat, disekitar laut dangkal Scotland sekitar 170 juta tahun yang lalu. Fosil mereka dianggap sangat langka dan ini pertama kalinya penemuan spesies baru yang sepenuhnya berasal dari Scotlandia, menurut geografisnya.




#4 Black-tailed Antechinus



April yang lalu sebuah tim ahli biologi dari Australia menemukan dan menjelaskan sebuah spesies baru dari dasyurid berkantung dalam genus antechinus. Aggota baru dalam genus ini adalah pemakan daging, tikus seperti marsupial yang terutama ditemukan di australia , termasuk new guinea dan tasmania. Perlu diingat bahwa pasangan laki-laki sangat sering  mati sebelum anak-anak mereka lahir.

Tags: ,

0 Responses to “Lima (5) Jenis Species Baru ditemukan di Antartika - by Hikam”

Post a Comment

Subscribe

Kami menerima kritik dan saran yang membangun guna perbaikan pada blog kami ini. Memang ini jauh dari sempurna, akan tetapi mencoba berbuat itu lebih baik dari pada tidak sama sekali

© 2013 Piwanoke. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks